Saya membaca di sebuah majalah bahwa wanita yang mengeluarkan darah setelah berhubungan seks, tidak normal. Hal tersebut akhirnya saya alami ketika melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya dengan suami saya. Tapi, hal tersebut tidak saya tanggapi terlalu serius. Soalnya, saya masih perawan saat itu. Tapi, ketika kami kembali bercinta untuk kedua kalinya, masih juga terjadi pendarahan. Bagaimana ini? Apa yang sebenarnya terjadi?


Jawab:

Sebetulnya, wajar saja jika seorang wanita yang baru pertama kali mengadakan hubungan seks, mengeluarkan darah. Meskipun, ada juga yang tidak.


Tapi pada kasus Anda, bila masih juga terjadi pendarahan ketika melakukan hubungan seks (untuk yang ketiga kalinya), maka harus segera memeriksakan diri pada dokter ahli, misalnya ginekolog. Biasanya, hal itu tidak begitu serius, tapi bukan berarti diabaikan.


Hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan leher rahim atau liang vagina Anda terluka (lecet) akibat gesekan ketika melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya. Kalaupun masih begitu pada saat hubungan yang kedua, tampaknya juga masih wajar. Artinya, penetrasi yang dilakukan masih dalam tahapan awal dan memerlukan penyesuaian.

Alangkah baiknya segera mengambil inisiatif untuk memeriksakannya ke dokter. Itu merupakan langkah yang paling tepat sebelum terjadi sesuatu yang bisa membahayakan kesehatan Anda. Karena ini juga menyangkut masa depan Anda dan sang suami yang baru saja mengawali kehidupan bersama.